neniafrima

The greatest WordPress.com site in all the land!

KETERAMPILAN ANAK USIA DINI 13 Desember 2012

Filed under: Tak Berkategori — neniafrima @ 12.42

KEGIATAN PENGEMBANGAN KETERAMPILAN ANAK USIA DINI DENGAN MENGGUNAKAN PLATISIN ATAU PLAYDOUGH

 

 Teknik yang digunakan dalam membuat keterampilan yang menggunakan palstisin atau playdough pada pendidikan anak usia dini yaitu diantaranya,Teknik Coil(Gulung); Teknik Pijat dan Teknik Sisik.

  1. Teknik Coil atau teknik gulung dapat dilakukan dengan cara:

v  meletakan bulatan plastisin yang berwarna yang berukuran  sebesar telur puyuh,sebesar telur ayam atau sebesar apa yang kita inginkan  pada kedua sisi telapak tangan kita, kemudian kedua telapak tangan itu digerakan kedepan dan kebelakang secara berlawanan arah.sehinnga bulatan itu menjadi panjang,

v  Lakukan dengan langkah yang sama dengan palstisin yang berwarana lain,kemudian kedua plastisin yang berbeda warna itu yang telah digulung dengan menngunakan kedua sisi telapak tangan tersebut maka dapat disatukan dan diputar pada kedua ujung kanan dan kirinya,sehinnga terlihat seperti lilitan atau jalinan yang berwarna-warni. Jalinan atau lilitan dapat dibuat dengan warna-warna yang kita sukai dan jumlah warna yang kita inginkan.

Dalam pendidikan Taman Kanak-kanak,warna-warna plastisin yang digunakan sebaiknya berwarna cerah dan hasil jalinan atau lilitan dari kombinasi warna-warna yang digunakan adalah warna yang menarik bagi anak yamg memberikan efek cerah.

  1. Teknik Pijat

Dapat dilakukan dengan cara:

v  Bulatkan adonan plastisin yang bewarna sebesar teluh puyuh,atau sebesar telur ayam atau sebesar apa yang kita ingin kan dan kita perlukan.

v  Kemudian letakan bulatan itu pada sisi tengah salah satu telapak tangan kita. Kemudia jari jempol,atau ibu jari,atau jari telunjuk dari tangan kita yang  sebelahnya lagi menekan bulatan itu,seperti memijat adonaan itu,sehinga berukuran tipis.

v  Adonan plastisin yang telah dipijat ini dapat digunakan dalam membuat bunga dengan cara mengabung-gabungkan adonan hasil plastisin yang telah dipijat itu,satu sama lain,sehinnga dapat membentuk mahkota bunga.

v  Langkah yang sama dalam teknik pijat dapat dilakukan dalam pembutan kelopak bunga,daun bunga dan sebagainya.

2.Teknik Sisik

Dapat dilakukan dengan cara:

v  Bulatkan adonan plastisin yang berwarna sebesar telur puyuh,telur ayam atau sebesar apa yang kita perlukan.

v  Kemudian letakan bulatan  itu pada sisi tengah salah satu telapak tangan kita.

Kemudian jari jempol atau ibu jari atau jari telunjuk dari tangan kita  yang sebelahnya lagi menekan bulatan itu,hinnga tidak berbentuk bulatan lagi,berbentuk pipih namun tidak tipis.

v  Adonan yang pipih namun tidak tipis itu,didempetkan salah satu ujung sisinya dengan sisi yang lain sehinnga berbentuk segitiga,sudut atas dari adonan yang berbentuk segitiga itu di tekan dengan ibu jari,sehinnga ujung yang ditekan itu berukuran agak tipis dibandingkan sudut-sudut atau permukaan-permukaan segitiga yang tidak ditekan.

Teknik sisik ini dapat digunakan dalam membuat buah nenas,ikan dan pinggiran dari sebuah wadah misalnya pot yang dibuat dari plastisin juga.

Dalam pendidikan Taman Kanak- kanak pemanfaatan dan penggunaan plastisin dalam mengembangkan keterampilan anak harus disesuaikan dengan tema pembelajaran,karena dengan menyesuaikan dengan tema maka ruang lingkup pembuatan keterampilan dengan mengunakan plastisin lebih terarah dan tujuan dari pembelajaran yang diharapkan dapat tercapai. Yang berupa meninngkatkan daya kreativitas anak,kemandirian anak serta mengemabangkan kemampuan motorik halus anak.

Berikut ini akan dijabarkan langkah-langkah pembuatan keterampilan untuk anak usia dini pada Pendidikan Taman Kanak-kanak dengan menggunakan Plastisin.

Tema               : Tanaman

Subtema          : Jenis- jenis bunga

Alat dan bahan yang digunakan

  • Alat
  1. Celemek
  2. Pisau cutter
  3. Papan  Abo
  4. sterefoam
  • Bahan
  1. Plastisin dengan berbagai warna.

Langkah kerja  membuat bunga 1(satu)

  1. Bulatkan adonan plastisin yang berwarna hijau,merah,merah muda,orange,kuning,coklat dan warna ungu magenta
  2. Potong sterofoam berukuran 10×10 cm sebanyak 1 buah
  3. Ambilah bulatan adonan yang berwarna hijau dan warna ungu magenta. Lakukan teknik gulung pada adonan plastisin yang berwarna hijau dan warna ungu magenta. Hasil jalinan dari teknik gulung ini untuk digunakan sebagai penghias pingir sterofoam.
  4. Ambilah bulatan adonan berwarna kuning,letakan adonan itu diantara dua sisi-ssi telapak tangan kita,kemudian gerakan kedua telapak tangan kita dengan arah yang berlawana sehinnga adonana itu tidak berbentuk bulatan lagi namun lebih seperti cacinng lilitkan adonan yang panjang itu sehinnga membentuk lingkaran. buatlah lilitan yang berbentuk lingkaran ini 5 buah. Ini digunakan untuk mahkota bunga.
  5. Kemudian ambil bulatan palstisin yang berwarna hijau,letakan adonan itu diantara dua sisi  telapak tangan kita ,kemudian gerakan keduatelapak tangan kita dengan arah yang berlawanan,lalu setelah adonan itu memanjang,letakkan di atas papan abo,kemudian pertemukan kedua ujungnya,lalu dilakukan teknik pijat,dengan menekan permukaan hasil gulungan itu sehingga bisa membentuk daun.
  6. Untuk membentuk tulang daunnya,ambilah bulatan kecil adonan plastisin warna kuning terang,lakukan teknik gulung yang sehingga berbentuk kecil,dan letakan diatas daun tersebut sehinnga berbentuk menyerupai tulang daun. Gunakan pisau sebagai alat untuk mengangkat daun tersebut dari papan abo karna plastisin yang sudah berbentuk daun tersebut menempel pada papan abo,sulit mengangkatnya kalau menggunakan tangan saja.
  7. Ambilah bulatan adonan plastisin berwarna merah,orange, lakukan tenik pijit namun hasil pijitannya tidak terlalu tipis. Hingga membentuk  2 lingkaran yang berbeda ukuran.ini digunakan untuk pengisi bagian dalam dari mahkota bunga.
  8. Ambilah lima bulatan kecil  adonan plastisin berwarna merah muda,masing-masing dipijit dengan jempol,sehinnga membentuk seperti lingkaran namun tidak terlalu tipis. Ini digunakan sebagai penghias permukaan mahkota bunga.
  9. Ambilah bulatan adonan  plastisin berwarna coklat,dan lakukan teknik gulung. Ini digunakan untuk tangkai bunga.
  10.  Kemudian susunlah adonan-adonan plastisin yang telah dibentuk tersebut seperti daun bunga,mahkota bunga,kelopak bunga,dan tangkai bunga dengan mengunakan teknik gulung dan pijat diatas sterofoam yang sudah disediakan,sehinnga membentuk sebuah bunga,yang mempunyai tangkai dan daun,yang pinggirnya diletakan hasil lilitan atau jalinan 2 warna  dari teknik gulung,yaitu warna hijau dan warna ungu magenta,sebagai pengindah tampilan bunga.

Hasil akhirnya seperti foto dibawah ini:

Langkah kerja membuat bunga 2(dua)

  1. Bulatkan adonan plastisin warna hijau,merah,kuning,ungu magenta,orange,dan merah muda.
  2. Potong sterofoam berukuran 10×10 cm sebanyak 1 buah
  3. Ambilah bulatan adonan yang berwarna hijau dan warna ungu magenta. Lakukan teknik gulung pada adonan plastisin yang berwarna hijau dan warna ungu magenta. Hasil jalinan dari teknik gulung ini untuk digunakan sebagai penghias pingir sterofoam.
  4. Ambilah bulatan adonan yang berwarna merah dan warna kuning. Lakukan teknik gulung pada adonan plastisin yang berwarna kuning dan warna merah Hasil jalinan dari teknik gulung ini untuk digunakan sebagai penghias pingir sterofoam.
  5. Ambil bulatan adonan plastisin berwarna orange. Lakukan teknik gulung pada adonan plastisin tersebut, kemudian jalin hasil gulungan tersebut ,setelah dijalin dibentuk seperti elips yang berongga ditengah-tengahnya. Ini dibuat 5 buah,sebaga mahkota bunga
  6. Ambilah 5 bulatan kecil  adonan plastisin berwarna merah muda.kemudian gunakan teknik pijat pada masing-masing adonan palstisin  dengan menekan dengan jari jempol hingga membentuk lingkaran kecil,lingkaran tersebut tidak berukuran terlalu tipis. 5 bentuk lingkaran ini digunakan untuk pengisi dari rongga pada permukaan mahkota bunga.
  7. Ambilah bulatan kecil adonan plastisin merah dan hijau,kemudian gunakan teknik pijat pada masing-masing adonan plastisin dengan menekan menggunakan jari jempol hinnga berbentuk linngkaran tetapi tidak berukuran terlalu tipis,ini digunakan sebagai bagian dalam dari mahkota bunga(putiknya).
  8. Kemudian ambilah bulatan palstisin yang berwarna hijau,letakan adonan itu diantara dua sisi  telapak tangan kita ,kemudian gerakan keduatelapak tangan kita dengan arah yang berlawanan,lalu setelah adonan itu memanjang,letakkan di atas papan abo,kemudian pertemukan kedua ujungnya,lalu dilakukan teknik pijat,dengan menekan permukaan hasil gulungan itu sehingga bisa membentuk daun.
  9. Untuk membentuk tulang daunnya,ambilah bulatan kecil adonan plastisin warna kuning terang,lakukan teknik gulung yang sehingga berbentuk kecil,dan letakan diatas daun tersebut sehinnga berbentuk menyerupai tulang daun.Gunakan pisau sebagai alat untuk mengangkat daun tersebut dari papan abo karna plastisin yang sudah berbentuk daun tersebut menempel pada papan abo,sulit mengangkatnya kalau menggunakan tangan saja.
  10. Kemudian susunlah adonan-adonan plastisin yang  telah dibentuk tersebut seperti daun bunga,mahkota bunga,kelopak bunga, dengan mengunakan teknik gulung dan pijat diatas sterofoam yang sudah disediakan,sehinnga membentuk sebuah bunga,yang mempunyai daun,yang pinggirnya diletakan 2 macam  hasil lilitan atau jalinan yang masing-masing 2 warna  dari teknik gulung,yaitu lilitan atau jalinan warna merah dengan kuning dan jalinan atau lilitan warna hijau dengan warna ungu magenta,sebagai pengindah tampilan bunga.

Hasil akhirnya seperti foto dibawah ini:

Langkah kerja membuat bunga 3 (tiga)

  1. Bulatkan adonan plastisin warna hijau,merah,kuning,warna ungu magenta,coklat,dan orange.
  2. Potong sterofoam berukuran 10×10 cm sebanyak 1 buah
  3. Ambilah bulatan adonan yang berwarna hijau dan warna ungu magenta. Lakukan teknik gulung pada adonan plastisin yang berwarna hijau dan warna mawar. Hasil jalinan dari teknik gulung ini untuk digunakan sebagai penghias pingir sterofoam.
  4. Ambilah bulatan adonan palstisin warna merah kira-kira sebesar kelereng sebanyak 4 buah. Lakukan lah teknik pijat pada masing-masing adonan,sehinnga membentuk mahkota bunga yang berjumlah 4 buah.
  5. Ambilah bulatan kecil plastisin kira-kira sebesar kacang tanah,kemudian dilakukan teknik pijat namun tidak  berukuran terlalu tipis yang berbentuk lingkaran. Ini akan diletakakan di bagian tengah mahkota bunga (sebagai permukaan putiknya). Dapat ditambahkan berupa gulungan kecil memanjang dari adonan plastisin berwarna kuning,sebagai pengindah dari permukaan putik bunga yang berwarna orange tadi.
  6. Ambilah bulatan kecil adonan plastisin berwarna kuning sebesar kacang tanah kemudian dibagi-bagi menjadi 12 buah bulatan kecil yang berukuran kira-kira sebesar biji angur. Untuk memudahkan dalam membaginya menjadi bagian- bagian kecil gunakan lah pisau,kemudian baru dibulatkan sesuia ukuran.  Ini digunakan sebagai penghias permukaan masing-masing mahkota bunga.
  7. Kemudian ambil bulatan palstisin yang berwarna hijau,letakan adonan itu diantara dua sisi  telapak tangan kita ,kemudian gerakan keduatelapak tangan kita dengan arah yang berlawanan,lalu setelah adonan itu memanjang,letakkan di atas papan abo,kemudian pertemukan kedua ujungnya,lalu dilakukan teknik pijat,dengan menekan permukaan hasil gulungan itu sehingga bisa membentuk daun.
  8. Untuk membentuk tulang daunnya,ambilah bulatan kecil adonan plastisin warna kuning terang,lakukan teknik gulung yang sehingga berbentuk kecil,dan letakan diatas daun tersebut sehinnga berbentuk menyerupai tulang daun. Gunakan pisau sebagai alat untuk mengangkat daun tersebut dari papan abo karna plastisin yang sudah berbentuk daun tersebut menempel pada papan abo,sulit mengangkatnya kalau menggunakan tangan saja.
  9. Ambilah bulatan adonan  plastisin berwarna coklat,dan lakukan teknik gulung. Ini digunakan untuk tangkai bunga.
  10. Kemudian susunlah adonan-adonan plastisin yang telah dibentuk tersebut seperti daun bunga,mahkota bunga,kelopak bunga,dan tangkai bunga dengan mengunakan teknik gulung dan pijat diatas sterofoam yang sudah disediakan,sehinnga membentuk sebuah bunga,yang mempunyai tangkai dan daun,yang pinggirnya diletakan hasil lilitan atau jalinan 2 warna  dari teknik gulung,yaitu warna hijau dan warna ungu magenta,sebagai pengindah tampilan bunga.

Hasil akhirnya seperti foto berikut ini:

Foto kombinasi dari ketiga jenis-jenis bunga yang dibentuk dari  Plastisin:

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s