neniafrima

The greatest WordPress.com site in all the land!

PENTINGNYA PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK USIA DINI 22 November 2012

Filed under: Tak Berkategori — neniafrima @ 10.11

Pentingnya pendidikan karakter sejak anak usia dini

oleh: rini_setyawati    

  • Summary rating: 4 stars (3 Tinjauan)
  • Kunjungan : 1215
  • kata:300

Kunci sukses keberhasilan suatu Negara sangat ditentukan oleh sejauh mana masyarakat mempunyai karakter yang kondusif untuk maju yang disebut “ modal social “ (social capital). jadi, bukan ditentukan oleh banyaknya sumber daya alam atau banyaknya jumlah penduduk dan luas geoografisnya. Dalam buku Fukuyama menekankan persaingan yang ada saat ini bukan persaingan antar system ideology. tetapi, persaingan antar negara yang mempunyai social capital tinggi. Negara yang mempunyai social capital yang tinggi adalah masyarakat yang rasa kebersamaan tinggi, rasa saling percaya (vertical maupun horizontal), serta rendahnya tingkat konflek yang ada dinegara tersebut. Social capital dapat terwujud jika masing-masing indifidu dapat menjunjung tinggi kebersamaan, loyalitas, kejujuran, kerja keras dan menjalankan kewajiban.

Karakter yang berkualitas perlu dibentuk dan dibina sejak usia dini. Usia dini merupakan masa kritis bagi pembentukan karakter seseorang, penanaman moral melalui pendidikan karakter sedini mengkin kepada anak-anak adalah kunci utama membangun bangsa. Menurut para pakar penelitian anak dalam perkembangan otak manusia (neouroscience) apabila pada usia dini pada anak tidak diberi pendidikan, pengasuhan, stimulasi yang baik maka akan berpengaruh terhadap struktur perkembanagn otaknya, hal ini terjadi karena perkembangan otak amat pesat terjadi pada usia dibawah 7 tahun dimana 90 persen otak sudah terbentuk pada usia ini.

Karakter berasal dari kata yunani charassein yang berarti mengukir sehingga terbentuk suatu pola artinya memiliki karakter yang baik adalah tidak secara otomatis dimiliki setiap manusia begitu ia dilahirkan tetapi memerlukan proses panjang melalui pengasuhan dan pendidikan. Anak akan tumbuh menjadi pribadi yang berkarakter dapat terwujud jika anak tumbuh dilingkungan yang berkarakter, fitrah anak yang terlahir suci dapat dikembangakan secara optimal, ini memerlukan peran serta semua pihak keluarga, sekolah dan seluruh komponen yang ada dalam masyarakat contoh lembaga keagamaan, perkumpulan olah raga, komunitas bisnis dan lain-lain. Oleh karena itu pendidikan karakter disekolah terutama usia TK dan SD juga perlu dilakukan tentunya sesuai dengan tahap perkembangan umur anak.

Sumber: http://id.shvoong.com/writing-and-speaking/presenting/2166222-pentingnya-pendidikan-karakter-sejak-anak/#ixzz2CN6Y6IeZ

Analisis terhadapap artikel diatas yang berjudul “Pentingnya Pendidikan Karakter Sejak Anak Usia Dini”

Penulis: Rini Setyawati

Saya sependapat dengan kakak Rini Setyawati bahwasanya memang benar dan seharusnya bahwa pendidikan karakter lebih baiknya diberikan kepada anak pada saat anak dalam usia dini. Jika sejak usia dini karakter anak sudah dibangun,diharapkan mereka (anak usia dini)sudah memiliki pondasi atau dasar karakter yang kuat,sehinnga pada perkembangan selanjutnya tinggal memupuk dan memperkaya perspektif karakter anak.Maka dari itulah orang tua atau keluargalah yang memiliki andil besar dalam menanamkan nilai-nilai karakter tersebut pada anaknya yang masih berusia dini tersebut.

Pola asuh orang tua atau parenting style merupakan salah satu faktor yang secara signifikan  turut membentuk karakter anak. Hal ini didasari  bahwa pendidikan dalam keluarga merupakan pendidikan utama dan pertama bagi anak,yang tidak bisa digantikan oleh lembaga pendidikan manapun. Keluarga yang rukun dan harmonis,rukun dan damai akan tercermin dari kondisi psikologis dan karakter anak-anaknya.begitu pun sebaliknya anak yang kurang berbakti,tidak hormat atau yang berkarakter buruk,lebih banyak disebabkan oleh ketidak harmonisan dalam keluarganya. Pola asuh orang tua yang demokratis lah yang harus diberikan orang tua agar karakter mulia tumbuh berkembang pada anaknya. Selain itu keteladanan orang tua merupakan salah satu faktor utama keberhasilan pendidikan karakter didalam keluarga.”air cucuran atap,jatuhnya kepelimbahan juga” demikian kata pribahasa yang erat kaitannya dengan te;adan orangtua atas anaknya.

Menurut Megawangi(2003:19),karakter anak itu pada dasarnya dipengaruhi oleh paling sedikit 5 faktor,yaitu:

  1. Temperamen Dasar (dominan,intim,stabil,cermat)
  2. Keyakinan (apa yang dipercayai,paradigma)
  3. Pendidikan (apa yang diketahui,wawasan anak)
  4. Motivasi hidup (apa yang kita rasakan,semngat hidup)
  5. Perjalanan atau pengalaman,yaitu apa yang telah dialami oleh anak,masa lalu anak,pola asuh anak dan lingkungan disekitar anak.

Selain karakter yang dapat membawa keberhasilan dan harus ditanamkan pada anak usia dini diantaranya:

  • Empati ,yaitu mengasihi sesama seperti diri sendiri
  • Tahan uji, yaitu tetap tabah dan ambil hikmah kehiduipan seta bersyukur dalam keadaan apapun
  • Beriman kepada Tuhan

Ketiga karakter tersebut akan mengarahkan seseorang kejalan keberhasilan. Empati akan menghasilkan hubungan yang baik ,tahan uji akan melahirkan ketekunan dan kualitas,beriman akan membuat segal sesuatu menjadi mungkin.

Dan guru PAUD  sebagai guru dalam lembaga pendidikan untuk anak usia dini juga memiliki peran penting serta sangat menentukan berhasil tidaknya pendidikan karakter pada anak,karena pada saat di  lembaga Pendidikan Formal ini lah karakter anak juga ikut dibentuk. Guru PAUD harus mampu melakukan perannya baik sebagai figur teladan,teman bermain,dan sebagai pengasuh yang baik.selain itu mermiliki pemahaman,keterampilan dan kompetensi mengenai karakter,dan dalam diri guru PAUD terdapat karakter-karakter mulia.

Dengan demikian diharapkan proses pendidikan karakter di usia dini dapat dilanjutkan pada jenjang pendidikan formal yang lebih tinngi lagi dari PAUD, agar anak bangsa ini memiliki karakter yang baik,bertanggung jawab,jujur,adil dan bijaksana demi terwujudnya bangsa dan negara yang maju dan beraklak mulia di mata dunia.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s